Selasa, 31 Desember 2019

TYPHOGRAPHI ART

di Desember 31, 2019
DEKAVITANISME
TYPHOGRAPHI ART
*gambar bisa didownload, link di bawah gaes*


PENGERTIAN TYPHOGRAPHI

Tipografi atau dalam bahasa Inggris yaitu Typography merupakan suatu ilmu memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk dapat menciptakan kesan tertentu dan khusus, sehingga dapat menolong para pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.
Peran dari pada tipografi itu sendiri adalah untuk dapat mengkomunikasikan ide atau informasi dari halaman tersebut ke pengamat.
Terkadang secara tidak sadar, kita semua selalu berhubungan dengan tipografi setiap hari dan setiap saat. Seperti pada koran atau majalah yang kita baca, label pakaian yang biasa kita kenakan dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya.
Dikenal pula sebagai seni tipografi, yaitu suatu karya atau desain yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utama dan pengertian huruf sebagai lambang bunyi bisa diabaikan.

SEJARAH TYPHOGRAPHI

Sejarah perkembangan tipografi ini dimulai dari penggunaan Pictograph. Bentuk bahasa ini antara lain dipergunakan oleh suatu bangsa Viking Norwegia dan Indian Sioux.
Di Mesir berkembang jenis huruf Hieratia, yang lebih terkenal dengan nama Hieroglif pada sekitar abad 1300 SM. Bentuk tipografi ini merupakan suatu akar dari bentuk Demotia, yang mulai ditulis dengan menggunakan pena khusus.
Bentuk tipografi tersebut akhirnya dapat berkembang sampai di Kreta, lalu menjalar ke Yunani dan akhirnya menyebar keseluruh Eropa. Puncak perkembangan pada tipografi ini terjadi kurang lebih pada abad 8 SM di Roma saat orang Romawi mulai membentuk daerah kekuasaannya.
Karena bangsa Romawi tidak memiliki sistem tulisan sendiri, mereka mempelajari suatu sistem tulisan [Etruska] yang merupakan penduduk asli Italia serta dapat menyempurnakannya sehingga terbentuk huruf-huruf Romawi.
Saat ini tipografi mengalami perkembangan yang pesar dari fase penciptaan dengan tangan hingga mengalami komputerisasi. Fase komputerisasi juga membuat penggunaan tipografi ini menjadi lebih mudah dan dalam waktu yang lebih cepat dengan jenis pilihan huruf yang ratusan jumlahnya.

CONTOH KARYA TYPHOGRAPHI ART



LINK DOWNLOAD


0 komentar:

Posting Komentar

 

DEKAVITANISME Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review